Apa Saja Keuntungan Menggunakan Linux

Selamat siang sobat tekno, artikel yang ingin saya sharing yaitu tentang keuntungan menggunakan sistem operasi Linux, Linux sendiri berasal dari perkembangan yang sangat panjang, samapi sekarang, termasuk didalamnya perkembangan dari distro-distronya, distro (distribusi Linux) yaitu varian Sistem Operasi Linux, seperti Ubuntu, Fedora, Linux Mint, namun tidak ada distro yang bernama Linux(hanya Linux), Linux disini hanyalah kernel nya, tapi disini saya hanya akan mencoba membahas sebatas keuntungan menggunakan Sistem Operasi Linux. 

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Linux


Yang pertama, Linux Is Free, alias gratis, jadi jika anda menggunakan Linux, tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, kecuali jika anda membeli kaset distribusi Linux, tetapi jika anda mendownload dari web nya langusung, tentu tidak akan dikenai biaya, tapi anda hanya butuh kuota download internet, dan tentunya Linux itu halal :) , karena Linux sifatnya gratis, maka otomatis Linux adalah halal, karena kita tidak perlu mencari crack ketika setelah memasang suatu software yang berbayar.

Yang kedua, Linux bersifat open Source, artinya bagi user yang mengerti bahasa pemrograman Linux dapat dengan bebas mengutak-atik program linux sekehendak hati, misalnya jika user ingin mengubah tampilan Gnome menjadi sesuka hati, itupun bisa dilakukan, apalagi didalam Linux terdapat animasi-animasi visual yang tidak terdapat dalam Windows, hal ini tentunya akan membuat daya tarik tersindiri dalam Linux

Yang Ketiga, Linux aman dari virus, dikarenakan virus yang banyak diciptakan saat ini kebanyakan untuk Sistem Operasi Windows, jadi tidak ada virus yang akan menghantui anda jika anda menyimpan file di Linux.

Yang Keempat, Linux stabil dan cepat, jika anda sering menggunakan Windows, dan ketika menjalankan aplikasi yang berat, maka tiba-tiba muncul pesan error " Not Responding " hal ini tentunya sangat menjengkelkan, sering saya ketika bermain game berat, kemudian tiba-tiba muncul pesan tadi, dan hal yang tidak saya suka adalah ketika program tadi not responding, tidak ada pilihan selain mengeluarkan program alias close program, dan tentu saja hasil pekerjaan anda belum sempat di simpan, dan anda harus mengulang dari awal. Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana dengan Linux ? Linux sangat stabil, walauun menjalankan aplikasi-aplikasi berat, linux mampu mengontrol dan menjalankannya dengan baik, tentunya tidak ada pesan error " Not Responding " tidak akan anda temui lagi jika anda menggunakan Sistem Operasi Linux ini.

Yang Kelima, Linux mampu membaca format memori pada Windows, contohnya ketika anda menginstall dual boot antara Windows dengan Linux, maka pada saat anda menjalankan Sistem Operasi Linux, file-file pada partisi Hardisk di Linux tetap akan terbaca dengan baik, misal anda menyimpan film di partisi dengan nama Hiburan di Windows, maka ketika anda menjalankan Sistem Operasi Linux, partisi tersebut akan tetap terbaca dan anda dapat membuka dan melihat film yang anda simpan di partisi hiburan tadi.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Linux

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, sekarang giliran anda untuk mencoba  menggunakan Sistem Operasi Linux, yang tentunya halal dan lebih aman. Maturnuwun :)
Previous
Next Post »

13 komentar

Write komentar
IlhamSixx
AUTHOR
22 October 2014 at 09:26 delete

Bener banget gan... ane udah hampir 3 thn pake linux juga... :D

Reply
avatar
Kang PP
AUTHOR
22 October 2014 at 23:54 delete

Emang banyak keunggulan Linux, akan tetapi kebanyakan pake windows

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
24 October 2014 at 19:05 delete

Aku memang senang menggunakan LINUX, bikin smart saja... bagaimana dengan kamu?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
24 October 2014 at 21:25 delete

Emang sih gan, kadang kadang pake windows bosan
Terus pingin coba yang lain, nah artikel ini juga bisa mbuat pertimbangan. Tapi ane masih pingin nyoba Mac dulu haha

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
27 October 2014 at 20:47 delete

aq juga pake linux gan

Reply
avatar
28 October 2014 at 02:25 delete

iya gan soalnya banyak aplikasi yg di develop buat windows

Reply
avatar
28 October 2014 at 02:25 delete

lagi latihan ini gan, coba2 dual boot dulu

Reply
avatar
28 October 2014 at 02:26 delete

haha bener, coba hackintos dulu daripada beli pc masc yg harga nya cukup mahal sih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
14 November 2014 at 17:48 delete

Master Banget ya Mas Biko :P

Reply
avatar
FAHRUDIN S
AUTHOR
6 December 2014 at 00:18 delete

Tapii kelemahanya linux tu programnya yang beda dari windows jadi susah nyarinya gan. Kalopun ada biasanya gak sebagus punya windows

Reply
avatar
3 July 2019 at 20:20 delete

siap min, makaish banyaks udah share
solder uap

Reply
avatar