Maksimalkan Tampilan Android Anda Dengan Custom ROM


                Hai Sobat, kali ini saya akan berbagi sedikit tips untuk anda para pengguna smartphone android, android sendiri dirilis secara komersil pada 2008 , tapi sampai saat ini android melejit begitu cepat karena beberapa faktor salah satu nya adalah karena android bersifat open source artinya pengguna pun bisa bebas memodifikasi androidnya, baik secara performance maupun secara visual salah satu nya menggunakan custom rom

Custom rom sendiri berarti rom android yang sudah dimodifikasi, dan biasanya mereka memodifikasi pada bagian ui ( user interface ) atau lebih enaknya tampilannya diubah total, ada banyak sekali pihak ketiga yang memberikan rom ini secara gratis , anda sendiri dapat menemukan rom ini dengan cara googling ataupun bergabung dengan grup smartphone tertentu di jejaring social , saya sendiri bergabung dengan grub smartfren andromax c di facebook , disana teman-teman banyak yang berbagi custom rom dan tentunya mereka menyediakan dengan gratis atau free.

Seperti kata saya tadi bahwa custom rom ini biasanya merombak tampilan ( user interfae ) dari rom bawaan smartphone tertentu . Salah satu contoh custom rom adalah rom standard smartfren andromax c dirombak total tampilan visualnya menjadi seperti Samsung Galaxy S 5 dan masih banyak lagi .

Disini saya juga akan berbagi seikit cara untuk merombak tampilan android anda yang tentunyamembuat anda semakin penasaran . Disini saya menggunakan contoh custom rom Samsung galaxy s5 .

Syarat :

1. Android anda sudah di root
2. Sudah ter-install custom recovery
3. Sudah men-download custom rom

Penjelasan :

1. Root adalah hak akses penuh pada sistem operasi berbasis linux , seperti android .Dengan adanya hak akses ini , anda dapat melakukan apa saja pada android anda , salah satunya adalah menggati rom bawaan pabrik , dengan rom pihak ketiga alias custom rom tadi .

2. Custom recovery ini biasanya sudah satu paket installasi nya dengan root access tadi . Fungsi dari custom recovery ini adalah untuk meng-install custom rom  yang akan diganti nantinya . disini saya menggunakan custom recovery bernama CWM ( Clock World Mod ) , sebenarnya banyak custom recovery yang lain , tetapi saya menggunakan ini karena sudah satu paket install-asi .

3. custom rom , tentunya wajib bagi anda yang ingin merombak tampilan android anda . Saya menggunakan custom rom Samsung galaxy s5 yang saya dapat dari grub di facebook .

                Sedikit tips dari saya , bahwa untuk memenuhi ataupun untuk bisa menjalankan syarat-syarat diatas anda dapat bergabung dengan grup jejaring sosial misalanya, di facebook seperti kata saya tadi . pengalaman saya sendiri adalah bisa mendapatkan banyak sekali custom rom di drup , selain itu anda bisa mendapat trik ataupun tips tertentu seputar android anda .

Grub Facebook Penyedia Custom Rom


Saya asumsikan bahwa anda sudah memenuhi semua persyaratan yang saya ajukan , untuk cara peng-install-an nya adalah :

1. Masuk custom recovery cara nya adalah pada saat posisi smartphone anda mati , kemudian tekan tombol power dan volume down ( bawah ) secara bersamaan

2. Setelah masuk custom recovery , anda diharuskan menghapus seluruh pengaturan di smartphone anda , dengan cara wipe data / factory reset , wipe cache , wipe dalvik cache

3. install zip from sdcard , lalu pilih custom-rom yang sudah anda download tadi , kemudial install , lalu reboot , selesai


Berikut juga saya sertakan contoh perubahan smartphone saya :

Sebelum :


Custom Rom Standard
 Tampilan Custom Rom Standard


Sesudah :


Contoh Perubahan Custom Rom S4

 Bagian Pengaturan Custom Rom S4



Tampilan Custom Rom System UI          Menu Pada Custom Rom S4


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
8 December 2018 at 00:59 delete

mantap gan ilmunya. makasih sudah share
power supply hp

Reply
avatar