Back Up dan Restore Data Aplikasi Android Anda Dengan Titanium Back Up

Selamat siang sob , kali ini saya akan berbagi sedikit trik atau tips bagi anda pengguna android . Kali ini tips yang akan saya share adalah mengenai backup dan restore .

Bagi anda yang belum tahu arti backup dan restore anda bisa simak yang satu ini , tapi bagi anda yang sudah tahu silahkan bisa dilewat ;

Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan (  menurut kang Wikipedia ) , dalam android sendiri konsepnya hampir sama , yaitu membuat file cadangan yang nantinya bisa dikembalikan bila terjaadi kerusakan atau kehilangan data pada smartphone anda , aplikasi yang dapat anda guakan salah satunya adalah Titanium Back Up karena cukup mudah digunakan dan ada versi free nya .

Tidak etis rasanya jika hanya membahas backup saja tanpa membahas apa itu restore , karena hal tersebut sangat berkaitan erat ; restore sendiri berarti mengembalikan data yang sudah di back up , penting untuk dicatat , jika anda akan melakukan restore tetapi data data anda belum di back-up maka restore tidak bisa dilakukan , berarti anda harus mem backup data anda sebelum di restore


Syarat menggunakannya adalah android anda sudah di root , untuk tutorial root sendiri tiap smartphone berbeda , tinggal cari saja di mbah google .





Misalnya handphone saya akan saya hard-reset atau menggati custom rom yang intinya dapat menghilangkan alias memusnahkan data dari semua aplikasi saya , seperti save game , kontak bbm dll , tentunya hal tersebut sangat mengecewakan karena kehilangan data-data penting dan anda harus memulai hidup dengan handphone anda dari awal lagi ,tetapi jangan khawatir karena hal tersebut bisa diatasi , yaitu dengan cara back-up dan restore , tapi ingat jika hp anda belum di back-up maka anda tidak bisa merestore data dari aplikasi anda .

Contoh penggunaan aplikasi ini :

Saya akan memberikan contoh back up dan restore menggunakan aplikasi titanium back up ini

1) Sebelumnya saya telah memback-up aplikasi BBM saya , terlihat pada screenshoot dibawah , terdapat tulisan 1 backup. Lastest ... juga pada tulisan BBM 2.2.1.40 yang dicoret yang artinya aplikasi tersebut belum terinstal

2) setela saya klik maka akan muncul tampilan seperti ini , disitu terdapat beberapa menu atau fasilitas yang dapat kita gunakan , seperti back up untuk back up data aplikasi kita juga ada pilihan  restore untuk mengembailkan aplikasi yang sudah kita back up sebelumnya , disini saya akan memberikan contoh menggunakan fasilitas restore .


3) setelah kita klik pilihan restore maka akn muncul tampilan seperti screen shoot dibawah , terdapat pilhan app only dan app+ data , untuk app only sendiri untuk mengembalikan aplikasi saja , sedangkan app+data untuk mengembalikan aplikasi beserta data-data nya  seperti kontak bbm , pesan bbm dan lain-lain , hal ini juga berlaku pada game , seperti save game , akun game dan lain-lain



4) pada pilihan app only atau app+data tadi saya nemilih app+data yang artinya mengembailkan semua data-data apilkasi bbm saya , setelah itu aplikasi sudah bisa terlihat di menu aplikasi handphone anda


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
5 August 2018 at 21:58 delete

makasih min sudah mau share, artikel ini sangat bermanfaat teruatama untuk saya
solder uap

Reply
avatar